Pemerintah Kabupaten Banyumas serius melakukan pemberantasan pungutan liar di wilayah ini.Ini terbukti dengan dikukuhkannya unit satuan tugas sapu bersih pungutan liar (saber pungli), yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, Kamis (22/3) ) di Pendopo Sipanji Purwokerto.

Bupati Banyumas Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan bahwa pungli selain sangat merugikan masyarakat, keberadaannya juga bisa menghambat kinerja dan fungsi pemerintah. Dari sinilah satgas seber pungli dibentuk dari berbagai unsur.
Satgas saber pungli dibentuk dari berbagai unsur seperti Pemerintah Daerah, TNI-Polri dan juga Kejaksaan yang merupakan aparat penegak hukum di daerah. Langkah konkrit harus diambil demi memerangi pungli, tidak hanya urusan perizinan, KTP, Sertifikat, SIM/STNK juga layanan RS, namun juga komitmen dan keterpaduan langkah kita semua. Bukan besar kecilnya pungli, namun dampak yang membuat birokrasi tambah panjang dan susah. Padahal semua harus dibuat lebih sederhana, transparan dan tepat waktu, jelas Bupati.

Sedangkan Kapolres Banyumas, AKBP Azis Andriansyah mengatakan kadangkala tindak pungli dikarenakan ketidaktahuan masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Banyumas perlu dilakukan sosialisasi secara gencar ‎kepada masyarakat.

“Selama ini Lembaga Kepolisian dianggap paling rawan dengan pungli, tapi sebenarnya hampir semua rawan tindakan pungli. Maka kalo dipangkas habis, habislah semua’” kata Azis.

Aziz mengingatkan bahwa roh dari Satgas adalah Perintah Presiden, bahwa tindak pungli merusak sendi hidup berbangsa dan bernegara. Untuk itu perlu diberantas.

“Untuk itu masyarakat, juga diminta tidak memberi kepada siapapun yang memang menurut aturan tidak ada pembayaran. Jangan sampai karena ketidaktahuan masyarakat pungutan menjadi kebiasaan bahkan tidak menganggap itu bukan kesalahan,” kata Aziz.

Lensa Banyumas/ist

Kapolres Banyumas AKBP Aziz Adriansyah memberikan sambutan

Kapolres Banyumas AKBP Aziz Adriansyah memberikan sambutan

Sebarkan: