Gempa berkekuatan cukup besar dirasakan warga yang tinggal di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu (24/9) dini hari. Desa Rendang berjarak sekitar 12 kilometer dari Gunung Agung yang saat ini berstatus awas (Level IV).
RoTV Online yang berada di pos pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang juga ikut merasakan getaran gempa.

Kekuatan gempa tidak terlalu besar, namun mampu menggetarkan kaca di posko pengamatan. Durasi gempa terjadi selama lima detik.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tersebut berkekuatan 3,8 skala richter, terjadi pukul 01.45 WITA, Minggu (24/9).

Pusat gempa berada di 8.28 LS,115.57 BT atau 9 kilometer Timur Laut, Karangasem, Bali, dengan kedalaman 10 kilometer.

Belum ada perubahan status Gunung Agung usai gempa tersebut.

Data terakhir dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada 23 September menetapkan aktivitas Gunung Agung berada pada Level IV status Awas.

“Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 9 km dari Kawah Puncak Gunung Agung,” kata penyusun laporan PVMBG I Dewa Made Merthe Yasa.

“Ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 12 km. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru.”

*Posted By : Lensa Bali / Lensa Layanan Publik*????????
*News Source : ANTARA / CNN Indonesia*
*Foto : Desa Rendang yang berdekatan dengan Gunung Agung, Bali, diguncang gempa 3,8 skala richter pada Minggu (24/9) dini hari. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)*

Sebarkan: