PURWOKERTO,- Dalam rangkaian Festival Kinerja Pembangunan dan Display Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017, Pemkab Banyumas menggelar talkshow di Pendopo Sipanji Purwokerto, Minggu (26/11). Kegiatan bertajuk Inovasi Pemerintah Daerah dan Pelayanan Publik ini menghadirkan narasumber Dr Adi Suryanto (Kepala Lembaga Administrasi Negara RI) dan Damayani Tyastianti MQM (Plt Deputi Pelayanan Publik Menteri PAN-RB).

Dalam sambutannya, Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein menyampaikan terima kasih kepada jajaran Lembaga Administrasi Negara (LAN) atas bimbingan dan arahan sehingga sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Banyumas dapat melakukan inovasi.

“Semula saya tidak begitu yakin, namun setelah melihat langsung apa yang dilakukan beberapa OPD di bawah bimbingan LAN hasilnya cukup bagus,” kata Achmad Husein.

Inovasi di jajaran birokrasi pemerintahan, menurut Adi Suryanto, dimulai dari perubahan kurikulum Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) di mana setiap peserta diklat wajib mengajukan proyek perubahan atau proyek inovasi.

“Pada mulanya langkah tersebut banyak menghadapi tantangan. Namun setelah dilakukan diskusi dan penjelasan secara komprehensif, akhirnya banyak pimpinan instansi yang kemudian mendukung,” kata Adi Suryanto.

Di sisi lain, menurut Damayani Tyastianti, secara formal inovasi bermula dari reformasi birokrasi pada tahun 2013 yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Waktu itu Kementerian PAN-RB melakukan launching program bernama one agency one inovation,” kata Damayani.

Sebarkan: